GuidePedia
BREAKING NEWS

Rabu, 20 November 2019

ROBOTIK MAN 3 JAKARTA KEMBALI MERAIH JUARA DI KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH 2019

Ade Achmad Nurhandi, Ratno Pujianto, S.Kom dan Zidanelfaya Resqi
dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2019



Humas MAN 3 Jakarta - Tim Robotik MAN 3 Jakarta kembali berhasil meraih juara dalam Kompetisi Robotik Madrasah yang diselenggarakan di Grand City Mall Surabaya, Minggu (17/11).

Kompetisi Robotik Madrasah  tahun 2019 yang digelar selama dua hari, 16-17 November 2019 ini mengusung tema "Robots Save The Earth : Green Energy and Environmental Issues atau Robot Penyelamat Lingkungan". Kegiatan diikuti 150 tim, terdiri atas Kategori Rancang Bangun tingkat MI (30 tim), MTs (30 tim), dan MA (30 tim). Ada juga Kategori Robot Pemilah Sampah untuk tingkat MTs (30 tim), dan Kategori Mobil Robot IoT tingkat MA (30 tim).

Tim MAN 3 Jakarta terdiri dari Zidanelfaya Resqi (X IPS 3) dan Ade Achmad Nurhandi (X Keagamaan) dengan Pembina Ratno Pujianto, S.Kom, berhasil mendapatkan  juara 2 tingkat MA kategori Mobile Robot untuk kriteria Point Games dan membawa pulang hadiah uang pembinaan senilai 6 juta rupiah.

Tema robot yang buat adalah Robot Challenge Pendeteksi Lingkungan dan Suhu dengan IoT (Internet of Thing). Robot ini diprogram untuk dapat mengukur suhu dan juga pencemaran udara, air dan tanah yang kemudian didisplay melalui monitor seperti smartphone atau laptop.

Kompetisi Robotik Madrasah merupakan upaya Kementerian Agama dalam mengembangkan dan mensingkronkan aspek saintek dan karakter siswa madrasah.

Kepala MAN 3 Jakarta berharap agar prestasi MAN 3 Jakarta dalam bidang Robotik bisa terus dipertahankan. Lebih lanjut, Nuroto berpesan kepada pembina ekskul robotik MAN 3 Jakarta agar terus menggali bibit-bibit baru yang unggul dan berpotensi di bidang robotik. /sm

 
Copyright © 2014 MAN 3 Jakarta PIC TIK dan PIC Humas MAN 3 Jakarta.