GuidePedia
BREAKING NEWS

Jumat, 06 Mei 2016

UNBK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN INTEGRITAS DAN KEJUJURAN

Pelaksanaan UNBK 2016 pada tanggal 4 sampai 12 April 2016 selama 6 hari telah dilaksanakn sukses dan lancar di MAN 3 JAKARTA. Pelaksanaan ujian ini diikuti 179 siswa yg terdiri dari 74 siswa IPA, 79 Siswa IPS dan 29 siswa Keagamaan.
Pada tahun ini, madrasah aliyah di dki jakarta yang mengikuti UNBK sebanyak 10 madrasah aliyah, dan telah sukses dalam proses pelaksanaanya. Kepala kanwil DKI Jakarta, Dr. H. Abdurahman M.Ag dalam kunjungan monitoring persiapan UNBK Hari Kamis, 31 Maret 2017 di MAN 3 Jakarta menjelaskan bahwa UNBK adalah suatu upaya pemerintah agar pelaksanaan ujian bisa meningkatkan indek prestasi dan integritas madrasah, serta asas efesiensi dan efektifitas dalam proses pelaksanaannya. Untuk itu, KaKanwil menekankan pada persiapan secara teknis baik sarana maupun pengetahuan siswa dalam melaksanakan ujian berbasis komputer.
Kepala MAN 3 Jakarta, Drs. Usman Ali, M.PFis menyampaikan bahwa persiapan teknis UNBK yang sudah dilaporkan kepada Kasie Kurikulum Kanwil Kemenag DKI Jakarta  telah di lakukan dengan baik dan sesuai dengan SOP UNBK. Dengan banyak pertimbangan pada proses pelaksanaannya,MAN 3 Jakarta telah menyiapkan 70 client, 3 server, Internet, ups di tambah lagi penyediaan genset. Ini dilakukan demi kelancaran dan kenyamanan siswa dalam pelaksanaa  UNBK agar siswa merasa tenang dan nyaman juga tidak di rugikan karena gangguan teknis lainnya.
Dari hasil pelaksanaan UNBK, tim UNBK yg di ketua Aan Harinurdin,M.PFis pada acara penutupan kegiatan ini, mengevaluasi dan menyimpulkan bahwa UNBK adalah salah satu sistem yang bisa membangun kepercayaa  diri siswa agar berintegritas dan mengedepankan kejujuran.Sesuai motoUNBK Prestasi Prestasi Tinggi, Integritas terpuji. Dalam hal lain, efesiensi baik tenaga maupun waktu pelaksanaan,sangat menguntungkan siswa agar lebih fokus dalam menghadai ujian karena berbeda dengan pbt, unbk dilaksanakan satu hari satu mata pelajaran yang di ujikan. Dan siswa tidak khawatir lembar jawaban tidak terscan dengan baik. Kelemahan yang bisa di evaluasi adalah terlalu banyak waktu pelaksanaan unbk dalam sehari 3 sesi dari pukul 07.00 sampai 16.00.Ini membutuhkan proses adaptasi bagi siswa yang mendapatkan giliran pada sesi 3, ditambah dari segi proktor dan teknisi terlalu lama menjaga kelancaran ujian yang berakibat kelelahan. Untuk itu ke depan, perlu ditambah client untuk siswa agar maksimal per hari hanya 2 sesi.
 
Copyright © 2014 MAN 3 Jakarta PIC TIK dan PIC Humas MAN 3 Jakarta.