GuidePedia
BREAKING NEWS

Senin, 26 Mei 2014

MARHABAN YAA RAMADHAN

Beberapa hari lagi kita akan berjumpa dengan bulan termulia, bulan Ramadhan 1435 H. Bukan sesuatu yang berlebihan bila kita – seluruh umat Islam – , menyambut gembira dan suka-cita dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri yang begitu tinggi dikarenakan sangat pentingnya fungsi Ramadhan sebagai bulan “ PUSDIKLAT “ kita menjadi orang bertaqwa dan kembalinya insan-manusia dalam fitrah kesucian. Tidak ada kesempatan yang lebih baik untuk menumbuh-suburkan serta memelihara ruh dan jasad kita melebihi bulan suci Ramadhan. Mari kita ucapkan : “ AHLAN WA SAHLAN YAA RAMADHAN“ Selamat datang Wahai Ramadhan, dengan memanfaatkan bulan istimewa ini se-optimal mungkin agar derajat taqwa dapat kita raih.

Ada 4 persiapan dalam menyambut dan menghadapi bulan Ramadhan :
1. Persiapan Ma’nawiyah ( Mental )
Menyambut dengan penuh kegembiraan, Ramadhan datang sebagai bulan perbaikan diri dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.
قَالَ النَّبِيُّ ( ص ) : مَنْ فَرِحَ بِدُخُوْلِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلَى النِّيْرَانِ
Nabi SAW bersabda : “ Siapa yang menyambut gembira datangnya Ramadhan, Allah
haramkan jasadnya disentuh api neraka “
Kita manfaatkan bulan Ramadhan sebagai bulan :
“ PEMBAKARAN DOSA “, bulan ampunan dan bulan berlomba-lomba meningkatkan
kualitas ubudiyah serta meraih derajat tinggi di sisi Allah SWT.

2. Persiapan fikriyah ( Ilmu )
Untuk dapat diterima ‘amalan kita di bulan Ramadhan secara maksimal, maka diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai fiqhush-shiyam, sehingga dapat meningkatkan nilai& kualitas ibadah puasa kita.

3. Persiapan jasadiyah ( fisik )
Aktifitas Ramadhan akan banyak memerlukan kekuatan fisik , untuk berpuasa , sholat tarawih , tilawah Qur’an dan ibadah lainnya. Dengan jasmani yang prima tentu aktifitas Ramadhan akan dapat berjalan dengan lebih sempurna.

4. Persiapan Maaliyah ( Harta )
Kita siapkan anggaran khusus untuk zakat, infaq, dan shodaqoh karena di bulan Ramadhan Allah melipat gandakan pahalanya. Bahkan Nabi pernah bersabda :
أَفْضَلُ الصَّدَقَاتِ فِيْ رَمَضَانَ
“ Shodaqoh yang paling utama adalah di bulan Ramadhan “.

Dengan ke 4 persiapan ini, Insya Allah kita akan dapat memanfaatkan bulan Ramadhan secara optimal, sehingga “ buah “ Ramadhan yang amat mahal ini dapat kita raih yakni derajat Taqwa. Jangan sia-siakan kesempatan yang amat berharga ini !
مَرحَباً يَا شَهرَ رَمَضَان
“ Selamat Datang Wahai Bulan Ramadhan “

Achmad Rawi,S.Pd
( Guru MAN 3 Jakarta )

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 MAN 3 Jakarta PIC TIK dan PIC Humas MAN 3 Jakarta.